Bibit Tanaman Online Bermutu Tinggi

Penjualan bibit tanaman online kini semakin mengalami perkembangan yang pesat. Pasalnya banyak masyarakat yang tertarik untuk memulai bercocok tanam. Dari mulai tanaman hias hingga tanaman pertanian untuk dijual hasil panennya. Hal yang terpenting dan paling mendasar dari kegiatan bercocok tangan adalah bibit. Berhasil atau gagalnya pertumbuhan suatu tanaman serta kualitas hasil panen ditentukan dari bibitnya.

Untuk itu penggunaan bibit yang berkualitas adalah keharusan. Bibit unggul merupakan modal awal yang baik untuk memulai bisnis perkebunan dan pertanian. Saat ini transaksi jual beli bibit tidak hanya bisa dilakukan secara tatap muka, tetapi bisa juga dilakukan secara online. Membeli bibit tanaman online diperlukan ketelitian dan kehati-hatian karena Anda tidak bisa melihat bibit tersebut secara langsung.

Perhatikan Hal Berikut Saat Membeli Bibit Tanaman Online

Hasil panen yang bagus dan bermutu tinggi tergantung dari kualitas bibit yang digunakan. Pilihlah bibit unggul untuk menghasilkan tanaman yang sehat dan bernilai jual tinggi. Bibit yang bermutu tinggi memiliki kriteria khusus seperti produktivitas tinggi, pertumbuhan yang seragam, serta mutu genetis tinggi. Produktivitas tinggi artinya tanaman akan berbuah lebat dan semua bibit yang ditanam menghasilkan buah secara rutin setiap musimnya.

Selain produktivitas yang tinggi, bibit yang berkualitas ditandai dengan pertumbuhan tanamannya yang seragam. Bibit tanaman biasanya dijual dalam bentuk bag. Bibit yang berkualitas akan menghasilkan buah yang seragam kualitasnya dari segi ukuran, rasa, dan segala aspek lainnya untuk semua bibit yang ada dalam bag. Artinya dalam satu bag tidak ada bibit yang rusak atau jelek. Saat membeli bibit tanaman online, hal ini memang sulit terlihat karena keterbatasan proses transaksi.

Untuk itu pastikan Anda membeli bibit tanaman online di situs yang memberikan info selengkap-lengkapnya. Informasi yang dibutuhkan yakni seperti hasil pengujian bibit yang sesuai dengan PP No.44 tahun 1995. Kriteria yang diuji antara lain:

1. Uji kadar air

Uji kadar air menentukkan ketahanan seberapa lama bibit tersebut bisa disimpan agar tidak busuk.

2. Uji daya tumbuh

Pengujian ini diperlukan untuk kepentingan budidaya dengan melihat seberapa besar presentase pertumbuhan benih tersebut.

3. Uji kemurnian

Pengujian ini diperuntukan untuk mengetahui kandungan genetika yang terdapat dalam bibit tersebut.

4. Uji campuran dari varietas lain

Unuk mengetahui apakah benih tersebut bisa dipadukan dengan varietas benih yang lain guna memperoleh keberagaman hasil panen.

5. Uji keseragaman

Yakni pengujian yang melihat kekompakan tumbuh setiap benih, apakah ada yang lambat pertumbuhannya atau tidak.

6. Uji tetrazolium

Pengujian yang dilakukan untuk melihat keutuhan bibit dalam proses kecambah.

7. Uji kesehatan

Uji kesehatan benih dimaksudkan untuk menguji apakah benih mengandung pathogen yang membahayakan pertumbuhan tanaman atau tidak.

Dengan memperhatikan informasi mengenai hal-hal tersebut, Anda bisa memilih bibit tanaman online dengan benar tanpa peril khawatir salah membeli bibit yang jelek. Toko online yang jujur akan menampilkan hasil pengujian tersebut sebagai infoemasi mengenai bibit yang mereka jual.

Ada dua aspek yang harus Anda perhatikan saat membeli benih, yakni bibit yang bermutu dan standar mutu benih. Bibit yang bermutu adalah bibit yang berasal dari varietas yang murni dan memiliki mutu genetis, fisiologis, dan mutu fisik yang baik sesuai dengan standar tertentu. Standar mutu benih yang perlu diperhatikan yakni dari segi fisik, genetis, dan fitiologis. Dari segi fisik dapat dilihat keutuhan dari benih tersebut, apakah benih tersebut memiliki komponen-komponen yang lengkap atau tidak. Kemudian factor genetic benih juga harus diperhatikan apakah benih tersebut murni atau hasil rekayasa genetic. Biasanya tempat membeli bibit tanaman online yang terpercaya akan memberikan secara rinci informasi mengenai kedua aspek tersebut.

Standar Bibit Bermutu Tinggi

Perhatikan juga syarat stadar bibit tanaman online yang bermutu tinggi. Bibit yang bermutu tinggi memiliki standar seperti berikut:

1. Daya kecambah

Minimal 80% yang artinya jumlah benih yang tumbuh setidaknya harus 80% dari keseluruhan jumlah benih yang ditanam untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan menekan biaya produksi.

2. Benih murni

Mnimal 95%. Artinya varietas benih harus memiliki tingkat homogenitas 95% yang diperuntukan guna meningkatkan keseragaman hasil panen.

3. Benih dari varietas lain

Maksimal 5%. Hal ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya yakni dengan tujuan untuk menghindari ketidakseragaman hasil panen.

4. Kotoran

Maksimal 3%. Kotoran yang dimaksur adalah benda-banda lain yang idak berhubungan dengan bibit. Bibit yang bersih akan memberikan hasil panen yang maksimal.

5. Benih dari rumputan

Maksimal 2%. Yang dimaksud benih dari rerumputan adalag benih yang mengandung gulma. Gulma dapat mempersulit proses pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu bibit yang mengandung gulma merupakan bibit yang jelek.

Selain aspek yang berasal dari bibit seperti yang telah disebutkan diatas, membeli bibit tanaman online juga perlu memperhatikan aspek pendukung lain.

Aspek pendukung lain yang perlu diperhatikan saat membeli bibit secara online antara lain seperti testimoni pelanggan. Testimoni merupakan hal penting yang tidak boleh disepelekan. Pengalaman pelanggan lain yang telah membeli bibit tanaman online tersebut bisa menjadi referensi untuk menilai apakah bibit yang dijual bermutu baik atau tidak. Selanjutnya pastikan penjual tersebut memiliki alamat dan nama akun yang jelas. Biasanya penjual bibit online juga memiliki toko atau usaha sendiri secara offline. Penjual bibit online yang dapat dipercaya akan memberikan alamat toko yang lengkap atau alamat rumah tempat ia menjual bibit tersebut. Hal ini memberi kesan bahwa si penjual bersedia bertnggung jawab terhadap bibit yang mereka jual.

Selanjutnya perhatikan rekening yang dipakai si penjual. Penjualan secara online umumnya memiliki melalui pembayaran melalui transfer. Pastikan rekening tujuan pembayaran merupakan rekening yang bisa dipertanggungjawabkan. Penjual yang jujur biasanya mempunyai beberapa rekening dari bank yang berbeda dengan nama yang sama. Waspadalah dengan penjual bibit tanaman online yang memberikan berbagai rekening dengan nama yang berbeda-beda. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah harga. Harga bibit harus sesuai dengan pasaran. Kunjungi toko-toko online lainnya sebagai bahan referensi untuk mengetahui harga pasaran bibit. Waspadalah dengan toko yang menawarkan bibit dengan harga yang terlalu murah. Jangan mudah tergiur agar tidak mendapatkan hasil yang mengecewakan.

Kesimpulan dari penjabaran diatas adalah ketika membeli bibit secara online, informasi merupakan hal yang amat penting. Mintalah informasi selengkap-lengkapnya mengenai detail bibit yang dijual. Hal ini dikarenakan anda idak bisa melihat barang tersebut secara langsung saat member bibit online. Satu-satunya informasi yang bisa anda dapat adalah dari deskripsi yang diberikan oleh si penjual dan testimoni dari para pelanggan lainnya. Untuk itu, jangan ragu untuk menanyakan detail produk yang dijual karena penjual bibit tanaman online yang terpercaya akan memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai bibit yang mereka jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *