Bibit Buah Online yang Harus Anda Pilih

Bibit buah online sekarang banyak dipasarkan di berbagai situs-situ di dunia maya. Mulai dari situs pribadi dan di website tempat jual beli online ternama. Di zaman serba canggih ini memang semua kegiatan hampir bisa dilakukan dengan cara online, terutama dalam hal belanja. Tapi meskipun seperti itu, Anda harus pintar-pintar memilih produk yang benar-benar bagus. Apalagi jika ini menyangkut tentang bibit buah yang memang harus dipilih secara baik dan benar agar nantinya bisa tumbuh dengan dengan baik dan menghasilkan buah yang banyak. Sebagai seorang petani, pemilihan bibit unggul adalah hal yang pertama yang harus dilakukan agar bisa menghasilkan buah yang banyak saat dipanen nanti.

Berbelanja bibit buah online memang memudahkan Anda agar tidak perlu capek keluar rumah untuk mencari toko. Hanya dengan membuka aplikasi browser dan memilih bibit yang diinginkan, Anda sudah bisa mendapatkannya dan tinggal menunggu bibit tersebut sampai di rumah dengan jasa antar oleh kurir. Tapi perlu diingat, kadang kasus penipuan pun sering terjadi di dunia maya, terutama pada transaksi belanja online. Perkembangan teknologi yang begitu pesat memang membuat kita lebih mudah dalam melakukan berbagai aktivitas. Tapi kita juga perlu tahu bahwa sebagai konsumen harus bertindak cerdas saat berbelanja online. Untuk itulah, saat memilih bibit buah di situs belanja online, Anda harus lebih jeli dan berhati-hati.

Tips Belanja Bibit Buah Online

Dalam memilih bibit unggul memang tidak mudah. Terutama bagi seorang pemula yang baru memulai usaha berkebun dan minim pengetahuan tentang tanaman. Jadi, jika Anda membeli bibit secara langsung ke tokonya, tanyakan pada karyawan toko. Apabila Anda membeli bibit buah online, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Pastikan Anda memilih toko dengan reputasi yang baik dengan melihat dari produk yang dijualnya, respon penjual dan pembeli yang baik hingga tanggapan atau feedback dari para pelanggan kepada toko tersebut. Jika baik, tentu saja akan mendapatkan komentar dan testimoni yang baik dari pelanggannya. Jika dari situs jual beli online yang terkenal, toko yang baik memiliki status bintang yang banyak dengan maksimal 5 bintang.
  2. Lihatlah daftar jualan bibitnya. Jika toko tersebut memang terpercaya, pasti foto-foto yang dipasang adalah gambar asli. Dari gambar yang asli, kia tahu kondisi bibit-bibit yang dijual toko tersebut. Apakah bibit unggul atau bukan.
  3. Jika toko tersebut memang memiliki reputasi yang baik, pasti setiap pelanggan yang konsultasi tentang bibit yang dijualnya, akan menjawab dengan baik dan penuh kesabaran. Respon yang cepat dan baik dari pemilik toko akan menambah kepercayaan kita bahwa toko tersebut memang benar-benar terpercaya.
  4. Pastikan Anda mengetahui alamat toko tersebut atau jika tidak Anda harus tahu di mana tempat pengiriman pesanannya. Hal itu harus Anda ketahui agar sewaktu-waktu terjadi keterlambatan pengiriman barang, misalnya di Jakarta atau di luar pulau yang kadang pengirimannya cukup lambat.
  5. Mintalah jaminan garansi kepada pemilik tokonya. Hal itu dilakukan agar Anda tidak merugi. Pengiriman barang dari tempat yang jauh, terlebih ini adalah bibit buah online, tentu kemungkinan bisa terjadi kerusakan pada barang pesanannya. Untuk itu, meminta jaminan garansi agar bisa mendapat ganti rugi ketika bibit buah pesanan Anda rusak.

Semua tips-tips di atas harus Anda lakukan jika akan membeli bibit buah online agar Anda bisa mendapatkan barang sesuai dengan keinginan. Perlu Anda ketahui bibit bukanlah tanaman yang masih berbentuk biji, tapi bibit buah sudah membentuk pohon, namun masih sangat kecil. Biasanya seukuran polybag yang ukuran kecil hingga ukuran sedang. Untuk itulah Anda harus benar-benar memilih toko bibit buah online agar bisa mengirimkan barangnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Bagi seorang pemula di dunia perkebunan, tentu belum banyak tahu perihal jenis bibit-bibit. Jika Anda belum tahu, ada 2 jenis bibit yang asalnya berdasarkan dari proses perkembangbiakannya. Kedua jenis tersebut adalah generatif dan vegetatif. Jika generatif pembentukan bibitnya berdasarkan perkawinan antara serbuk sari dengan putik, nantinya dari perkawinan tersebut akan menghasilkan benih atau biji. Perpaduan benih atau biji yang dihasilkan dari perkembangbiakan generatif dapat menghasilkan perbaduan sifat yang bisa lebih baik dari kedua induknya atau bahkan lebih buruk dari induknya. Jika Anda berbelanja bibit buah online harus tanyakan hal ini kepada pemilik toko.

Berbeda dengan perkembangbiakan secara vegetatif, cara ini dilakukan dengan bantuan manusia yaitu dengan melakukan pemotongan pada salah satu bagian tanaman yang bukan merupakan alat kelamin tanamannya. Biasanya yang dipotong adalah bagian batang, akar dan juga daun. Perkembangbiakkan ini bisa lebih cepat dari generatif jika Anda yang melakukan pencangkokan, bisa melakukannya dengan cara-cara yang benar. Biasanya, saat berbelanja bibit buah online akan ada deskriptif yang menjelaskan bagaimana cara menghasilkan bibit tersebut.

Keunggulan Bibit Buah Online Vegetatif

Kedua cara tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, bagi Anda yang seorang pemula dalam berkebun, direkomendasikan untuk memilih bibit yang dihasilkan dengan cara vegetatif. Karena keunggulan bibit yang dihasilkan dari vegetatif adalah:

  • Bibit vegetatif memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Jadi, jika induknya berasal dari bibit yang unggul, maka akan ikut unggul pula. Berbeda dengan generatif yang sifatnya belum tentu bagus meski indukannya sifatnya unggul.
  • Bibit vegetatif juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan bibit dari hasil generatif. Jadi, dalam perawatannya akan lebih mudah dan efektif waktu.

Selain dua keunggulan tersebut, bibit yang berasal dari vegetatif bisa ditanam dengan cara tabulampot atau Tanaman buah dalam pot. Bagi seorang yang baru memulai berkebun, cara ini adalah cara terbaik untuk memulainya. Karena Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan lahannya, karena semua ada di dalam pot. Tapi perlu diingat, saat membeli bibit buah online harus memilih bibit dari hasil vegetatif saja untuk mencari amannya saja. Jangan mencoba memilih yang generatif jika memang belum berpengalaman dalam berkebun. Tapi perlu Anda ketahui, dalam mencari bibit dari hasil vegetatif, harus berasal dari pohon yang memang cepat berbuah.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bibit buah vegetatif memiliki sifat yang sama dengan induknya. Jadi Anda harus memilih bibit dari pohon yang cepat berbuah pula. Jadi, saat ditanam di dalam pot, bibit tersebut bisa tumbuh dengan subur dan bisa menghasilkan buah dengan cepat. Anda bisa melihat bibit buah yang unggul di toko bibit buah online melalui gambar asli yang dipotret langsung oleh pemiliknya. Bibit unggul sudah pasti memiliki ciri fisik tertentu, yaitu bisa dilihat dari daunnya yang hijau cerah, batangnya yang tegak lurus dan tidak bengkok, serta bisa dilihat pula dari jenis akarnya. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk berbelanja bibit buah secara online jika memahami trik dan tips di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *